Jumat, 31 Oktober 2014

First Impression Review Nissan X-Trail 2014

Ulasan review kelebihan dan kekurangan Nissan X-trail baru tahun 2014Jakarta, AutonetMagz –  Akhirnya kami melakukan First Impression Review Nissan X-Trail 2014 Indonesia yang baru saja diluncurkan oleh PT Nissan Motor Indonesia pada hari Jum’at 13 Agustus 2014 ini di The Space Senayan City. Tidak tanggung-tanggung, Nissan Indonesia melakukan selebrasi yang sangat mewah dengan membangun sebuah tempat khusus untuk melakukan peluncuran sekaligus penjualan perdana All New Nissan X-trail di Indonesia.
Nah, penasaran kan bagaimana review kami terhadap The All New Nissan X-Trail 2014 ini? Mari kita simak bersama-sama.
Wallpaper-Nissan-X-Trail-Indonesia-2014
Desain Eksterior
Pertama kali melihat sosok Nissan X-Trail 2014 ini di Indonesia, kami sudah tidak begitu takjub lagi karena sangat familiar di redaksi AutonetMagz. Mobil ini pertama kali diluncurkan di dunia pada Frankfurt Motorshow 2013 silam, lalu di ikuti dengan Tokyo Motor Show dan Geneva Motor Show. So, sebenarnya kami sudah menunggu-nunggu mobil ini sejak lama untuk dihadirkan di Indonesia. Namun karena Nissan Motor Indonesia merakit All New Nissan X-Trail 2014 ini secara CKD, maka tidak heran jika mobil ini diluncurkan setahun setelah debutnya di tahun lalu karena proses persiapan manufaktur dan riset.
Dari eksterior, Nissan X-Trail tidak mengalami ubahan jika dibandingkan dengan model global. Kita akan menemukan model lampu yang sama tanpa pengurangan fitur, grille V-Shape khas Nissan dan bentuk bumper yang memiliki sedikit lekukan tajam di bagian bawah foglamp untuk memberikan aerodinamika yang lebih baik. Untuk memberikan kesan lebih gagah, Nissan juga memberikan molding plastik dari bumper depan, samping hingga bagian belakang mobil.
Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Lampu-Depan
Nissan X-trail tetap menggunakan Signature Headlamps yang memiliki LED DRL dengan model boomerang dan sebuah proyektor di dalam lampunya, di dalam lampu proyektornya juga tersimpan lampu LED yang memberikan penerangan natural di malam hari. Pada semua tipe sudah terdapat fitur sensor auto on/off yang akan secara otomatis menyalakan lampu ketika kondisi lingkungan kurang penerangan.
Untuk tipe manual, Nissan X-Trail tidak dilengkapi dengan fitur Auto Levelling Headlight seperti tipe 2.0 CVT dan 2.5 CVT. Namun fitur Follow Me Home dan Welcome Light sudah dipersiapkan oleh Nissan sebagai fitur standar di semua tipe. Cukup lengkap dari segi teknologi penerangan dibandingkan dengan versi terdahulunya.
Kelebihan Nissan X-Trail Indonesia 2014
Dari samping, mobil ini terlihat lebih berkarakter dengan lekukan-lekukan streamline, bahkan jika anda familiar dengan X-Trail generasi kedua yang melanjutkan warisan desain kotak khas X-Trail generasi pertama, maka anda tidak akan menemukan satu pun ciri khas Nissan X-Trail  lama di mobil ini.
Kita juga menemukan aksen chrome pada bagian bezel kaca samping dan pegangan pintu, pelengkap lainnya yang membuat mobil ini terlihat gagah ada pada roof rail dengan desain lebih simpel seperti mobil pada umumnya (X-Trail sebelumnya dilengkapi dengan roof rail dengan desain tebal dan dilengkapi lampu di bagian ujung depan roof rail), khusus varian 2.500 cc akan dibekali dengan side body moulding.
Kelebihan-Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Dibanding-Honda-CRV
Nah pada bagian belakangnya, kita akan menemukan model baru yang mirip dengan Toyota Harrier generasi kedua lewat lampu belakangnya. Sebuah spoiler belakang dan chrome pada list plat nomor belakang menjadi standar di semua varian.
Uniknya mobil ini memiliki fitur Power Tailgate (pintu belakang yang terbuka secara otomatis lewat motor listrik) yang dilengkapi dengan sistem Touchless Backdoor. Teknologi ini akan membantu kita untuk membuka pintu belakang secara otomatis tanpa sentuhan jari sedikitpun, kita hanya perlu untuk melambaikan tangan ke bagian bawah garnish plat nomor dan pintu akan membuka secara otomatis jika mendeteksi ada gerakan tangan dan kunci di sekitar mobil. Jadi tidak perlu khawatir kerepotan jika hendak membuka mobil saat kedua tangan anda penuh dengan barang bawaan.
Velg yang digunakan oleh Nissan X-Trail 2014 memiliki 2 buah ukuran dan desain bergantung dari tipe. Untuk varian 2.500 cc CVT kita akan mendapatkan Velg dengan model baling-baling dengan ukuran 18 inchi dan ban Dunlop Grandtrek  dengan ukuran 225/60. Sedangkan untuk varian 2.000 cc kita akan mendapatkan velg ukuran yang lebih kecil dengan 17 inchi dan ban Dunlop Grandtrek 225/65.
Kabar baiknya datang dari segi pengereman, All New Nissan X-Trail Indonesia sudah dibekali dengan empat buah cakram di semua roda, teknolog Antilock Braking System, Electronic Brake Distribution dan Brake Assist. Sedangkan fitur-fitur lain yang tidak kalah penting dalam berkendara juga tidak dilupakan seperti Hill Start Assist, Vehicle Dynamic Control (VDC), Active Trace Control dan Active Ride Control. Mungkin bisa dibilang paling lengkap di kelasnya.
Ada yang menarik dari Nissan X-Trail terbaru ini, jika kita perhatikan bagian logo Nissan yang terletak pada Grille-nya, kita akan menemukan sebuah kamera kecil dibawah tulisan Nissan. Sedangkan di bagian bawah spion kanan dan kirinya, kita juga akan menemukan sebuah lingkaran kecil di bagian bawah yang berfungsi sebagai kamera kecil. Ketiga kamera dan satu kamera mundur tersebut berfungsi sebagai mata dari All Round View monitor yang akan terlihat di  monitor head unit untuk memudahkan kita saat parkir, fitur ini adalah fitur standar di seluruh varian 2.0 dan 2.5 CVT. Di mobil ini kita juga akan mendapatkan fitur pemanas kaca spion yang sebenarnya akan sangat berguna di negara 4 musim.
Meskipun sudah dilengkapi dengan Al Round View Monitor, Nissan juga menyediakan 4 buah sensor parkir di bagian belakang yang akan memberikan indikator gambar dan suara di semua line up, sehingga tidak perlu khawatir untuk varian manual jika tidak mendapatkan All Round View Monitor. Sayangnya di Nissan X-Trail terbaru versi Indonesia ini kita tidak akan mendapatkan fitur Moving Object Detection yang akan mendeteksi kendaraan yang sedang berjalan dari samping saat kita mundur dan Intelligent Park Assist yang akan menggerakan kemudi secara otomatis ketika parkir.
Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Knalpot
Terakhir, Nissan X-Trail terbaru ini sepertinya sedikit malu-malu untuk memberikan aksen sporty di bagian belakangnya dengan menyembunyikan posisi lubang knalpot bawaan. Seharusnya bisa dibuat lebih cantik lagi seperti Mazda CX-5 yang memamerkan dua buah muffler extension untuk mendongkrak penampilan.
Interior Nissan X-Trail 2014
Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Tipe-Tertinggi
Berbeda dengan Nissan X-Trail generasi sebelumnya yang menawarkan desain interior yang sangat “jip” banget. Kini interior New Nissan X-trail justru mengusung tema “Luxury” yang belum pernah dilakukan sebelumnya terhadap Nissan X-Trail. Lihat saja bentuk interiornya yang kini dibuat mirip dengan mobil sedan dan terlihat lebih modern.
Sesuai dengan figur X-Trail baru yang dibuat lebih mewah, Dashboard Nissan X-trail menggunakan kombinasi bahan soft touch di bagian atas dashboard yang membuatnya tampil mewah dan nyaman ketika disentuh, material soft touch ini juga akan di temukan di door trim bagian atas.
Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Interior
Sedangkan pada bagian tengah hingga kebawah, kita akan menemukan material plastik keras yang biasa saja dan tidak terlihat wah, namun Nissan cukup pintar dengan memberikan finishing yang cukup rapi dan beberapa kombinasi ornamen dashboard seperti silver lining pada pinggir ventilasi AC, setir dan transmisi. Serta penggunaan material plastik Piano Black dan motif karbon di tipe 2.500 cc yang membuat mobil ini memiliki kesan mewah sekaligus sporty.
Tidak lupa juga Nissan memberikan bahan kulit pada bagian setir dan tuas transmisi automaticnya yang dapat diubah ke mode manual secara virtual, karena mobil ini memiliki transmisi CVT yang menggunakan belt baja sebagai penggerak utama. Untuk varian 2.500 cc kita mendapatkan fitur Cruise Control yang dapat dikontrol melalui tombol di sebelah kanan kemudi.
Head-Unit-Nissan-X-Trail-Indonesia-2014
Center cluster dari dashboard New Nissan X-trail ini cukup modern karena sudah diberikan sebuah head unit dengan model indash. Layar LCD 5 inchi touchscreen dengan resolusi qVGA menjadi standar di seluruh varian dan sangat canggih karena sudah dilengkapi dengan bluetooth dan All Round View Monitor, meskipun menurut kami layar ini lebih nyaman lagi jika diperbesar ukurannya.
Untuk tombol pengaturan AC kita akan mendapatkan model digital dengan sebuah layar panjang dibawah head unit lengkap dengan dual zone untuk varian 2.500 cc. Sedangkan untuk varian 2.000 cc kita hanya dibekali dengan tombol-tombol fisik namun sudah dibekali dengan fitur Auto.
Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Jok-Kulit
Salah satu yang akan membuat kita tersenyum lebar dari mobil ini, kita akan menemukan kursi depan zero gravity yang dirancang oleh NASA agar perjalanan jauh tidak terasa melelahkan bagi pengemudi. Jok kulit tersedia di varian 2.500 cc dan pada varian 2.000 cc kita akan mendapatkan jok fabric dengan bahan lembut seperti bludru.
Fitur lainnya yang mungkin menjadi pertama di kelasnya, Nissan X-trail kini telah dilengkapi dengan Power Electric Seat 6-way untuk pengemudi dan Power Electric Seat 4-way untuk penumpang kanan. Meskipun laci konsol tengah tidak dapat dijadikan hand rest, namun sepertinya terbayar oleh electric seat yang tersedia di dua buah kursi depan.
Salah satu yang menarik dari mobil ini ada pada konsol tengah Nissan X-trail terbaru. Karena kita akan menemukan dua buah cup holder dengan sebuah tuas di tengahnya untuk membuka ventilasi pendingin udara yang akan membuat minuman anda tetap dingin selama perjalanan.
Sedangkan untuk varian transmisi manual, kita akan menemukan sebuah tombol Electronic Parking Brake yang berfungsi menggantikan tuas rem tengan yang berpotensi mengganggu ruang konsol tengah jika diaplikasikan. Namun untuk varian automatic, tuas electronic praking brake ini digantikan oleh rem tangan model injak seperti kompetitornya.
Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Daftar-Fitur-dan-Spesifikasi
Sebagaimana mobil Nissan pada umumnya, kita akan mendapatkan kursi pengemudi yang sangat nyaman, setir dengan Tilt and Telescopic hadir sebagai standar, begitupula dengan sabuk pengaman yang bisa diatur ketinggiannya.
Yang menarik kita akan menemukan beberapa tombol di dashboard sebelah kanan setir yang berfungsi untuk mengatur cahaya speedometer, mengatur trip, mematikan Power Back Door, membuka dan menutup pintu belakang secara otomatis, mematikan Stability Control dan mengaktifkan ECO mode. Fitur lain yang akan berguna untuk membantu pengemudi juga tersedia seperti Rain Sensing Wiper dan iKey + Start Stop Engine Button.
Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Kursi-Tengah-Legroom
Masuk ke kursi tengah, kita akan menemukan ruang kaki dan kepala yang sangat lega dan dapat diatur secara sliding untuk menambah atau mengurangi ruang kaki penumpang belakang. Gambar diatas adalah posisi maksimum dan minimum dari ruang gerak sliding kursi tengah.
Sandaran kursi tengah menganut model terpisah 60:40 dan memiliki sandaran kursi tengah yang dapat dilipat menjadi sebuah arm rest, ketika menjadi arm rest pun kita akan menemukan dua buah cup holder. Kursi tengah dari mobil ini juga dapat diatur secara reclining meskipun tidak begitu banyak. Gambar diatas juga merefleksikan posisi sandaran kursi paling tegak dan paling rebah dari New Nissan X-Trail.
Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Kursi-BelakangNissan mengatakan bahwa Nissan X-Trail bisa disebut sebagai 7 seater SUV atau 5+2 SUV, kursi belakangnya memang tidak begitu besar karena lebih cocok diperuntukan untuk anak-anak. Namun ketika saya yang memiliki tinggi 170 cm duduk di bagian belakang kursi ini, saya merasa headroomnya masih cukup lega, hanya saja posisi kaki kita terangkat karena jarak antara kursi dan lantai terasa sangat dekat. Untuk mendapatkan legroom di kursi baris ketiga, kita harus meminta penumpang baris tengah untuk mengalah memajukan posisi duduk mereka agar legroom belakang lebih baik. Cukup oke sebenarnya untuk 7 seater dadakan.
Uniknya, Nissan X-Trail memiliki kursi belakang yang sandaran kursinya memiliki reclining satu langkah agar lebih rebah dan nyaman. Kita juga bisa menaikan sandara kepala cukup tinggi dan memiliki sandaran kepala sangat panjang karena sandaran kursi baris ketiga ini sangat pendek. Seatbelt tersedia untuk seluruh penumpang dan sayangnya kita tidak mendapatkan AC hingga baris ke belakang. Beruntung di baris kedua kita mendapatkan sebuah ventilasi AC di belakang konsol tengah.
Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Folding-Seat
Kelebihan Nissan X-Trail 2014 Indonesia ini juga ada pada bagasinya yang cukup luas dan memiliki mode pelipatan rata lantai baik untuk kursi belakang hingga kursi tengahnya.  Cara pelipatannya juga sangat mudah sekali seperti melipat kursi belakang Nissan Grand Livina.
Untuk menambah fungsionalitas, sebuah Under Ttray Storage multifungsi juga tersedia di bagasi belakang meskipun ukurannya tidak begitu besar. Peralatan seperti dongkrak dan toolkit tersedia di balik plastik sebelah kiri seperti Kijang Innova.
Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Ban-Serep
Salah satu hal yang paling kami suka dari mobil ini ada pada posisi ban serep yang diletakan dibawah kursi baris ketiga yang dapat dibuka dari dalam interior. Kita tidak perlu repot-repot memutar pengungkit untuk menuruntkan ban serep seperti kompetitornya yang sama-sama memiliki 7 seater yang sangat merepotkan.
Sayangnya ban serep yang digunakan di mobil ini menggunakan steel wheel untuk mengurangi ongkos produksi. Namun tidak begitu masalah karena ban serep memang diperuntukan untuk keadaan darurat saja.
Spesifikasi Mesin Nissan X-Trail 2014
Mesin-Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-2500-ccBicara tentang spesifikasi mesin, Nissan X-Trail masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi pertamanya mulai dari mesin MR20DD dengan kapaitas 2.000 cc DCVTCS Direct Injection yang mampu menghasilkan tenaga hingga 144 Ps di 6.000 Rpm dan torsi 20.4 Kgm di 4.400 Rpm. Efisiensi mesin 2.000 cc ini menurut pengetesan JC08 di Jepang dapat mencapai 15.6 hingga 16.4 Km/liter.
Sedangkan jika anda membutuhkan tenaga yang lebih besar tentu saja mesin QR25DE bertenaga 171 PS di 6.000 Rpm dan torsi 23.9 Kgm pada 4.000 Rpm layak menjadi pilihan anda meskipun tenaganya sedikit dipangkas dari 180 PS menjadi 171 untuk menambah efisiensi bahan bakar. Namun hingga saat ini kami belum mendapatkan angka konsumsi bahan bakar di mesin 2.500 cc Nissan X-Trail terbaru ini.
Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Transmisi-Automatic
Dari segi transmisi, Nissan X-Trail terbaru memiliki pilihan transmisi 6 percepatan manual pada varian mesin 2.000 cc dan transmisi CVT di varian mesin 2.000 cc dan 2.500 cc. Transmisi ini merupakan kunci dari penghematan konsumsi bahan bakar yang dilakukan oleh Nissan karena rasio yang lebih linear, hanya saja akselerasi CVT tidak segalak matic konvensional dan dual clutch.
Umumnya transmisi CVT memiliki pengendaraan yang membuat mobil meluncur seperti di berada pada posisi tuas transmisi netral. Namun di New Nissan X-Trail ini kita mendapatkan teknologi Active Engine Braking yang secara otomatis memberikan engine brake saat kondisi jalan menurun agar lebih aman, dan di Nissan X-trail adalah mobil pertama yang memiliki fitur ini dikelasnya.
Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Speedometer
Fitur lain yang menyangkut pengendalian, kenyamanan dan keselamatan ada pada Active Ride Control dan Active Trace Control. Active Ride Control adalah fitur yang akan membuat mobil bergerak lebih lembut ketika melewati jalan berglombang atau polisi tidur dengan mengontrol torsi mesin dan pengereman untuk mengurangi guncangan ketika melalui kontur permukaan yang tidak baik.
Sedangkan Active Trace Control berfungsi untuk mengatur pengereman secara individual pada masing-masing roda untuk memberikan pengendalian yang presisi di setiap kita berbelok di tikungan saat kecepatan tinggi bersama All New Nisssan X-trail. Menarik bukan?
Nissan-X-Trail-Indonesia-2014-Bentuk-Belakang
Kesimpulan ulasan Nissan X-trail 2014

Nissan Indonesia sepertinya menggarap Nissan X-Trail generasi baru ini sangat serius untuk pasar Indonesia, bahkan mereka memiliki target penjualan 1.000 unit perbulan yang notabene sangat tinggi untuk pasar mid size SUV tanah air. X-Trail kini memiliki tiga baris kursi yang cukup untuk digunakan anak-anak dan beragam fitur canggih yang tidak kita temukan di mobil sekelasnya. Lucunya lagi meskipun rivalnya Mazda CX-5 memiliki banyak fitur canggih, X-Trail enggan memberikan fitur yang sama dengan rivalnya seperti city brake stop (i-stop), Lane Departure Warning dan Blind Spot Detection yang terdapat pada Mazda CX-5. Justru Nissan memberikan fitur berbeda yang lebih banyak seperti yang telah kami sebutkan diatas.
Lantas dengan banderol harga 355 juta, 385 juta dan 403.5 juta Rupiah pada saat launching dan pameran di mall Senayan City hingga IIMS, All New Nissan X-Trail 2014 adalah game changer yang siap merebut posisi SUV no.1 di Indonesia. Dan ya, kami sangat setuju mobil ini sangat value for money jika anda membandingkannya dengan SUV lain di kelasnya. SUV dengan teknologi canggih tidak selalu harus overpriced bukan?
Mobil Baru, Head Unit Nissan X Trail Indonesia 2014: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Kekurangan Nissan X Trail 2014 Terbaru: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Kelebihan Nissan X Trail Indonesia 2014: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Kelebihan Nissan X Trail Indonesia 2014 Dibanding Honda CRV: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Mesin Nissan X Trail Indonesia 2014 2500 cc: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 AC Double Blower Belakang: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Bagasi Belakang: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Ban Serep: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Bentuk Belakang: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Cakram Belakang: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Daftar Fitur dan Spesifikasi: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Door Trim: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Electronic Parking Brake: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Fog Lamp: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Folding Seat: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Interior: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Interior Lamp: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Jok Kulit: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Kamera Depan: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Kamera Spion: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Knalpot: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Kursi Baris Tiga: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Kursi Belakang: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Kursi Depan: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Kursi Tengah Legroom: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Lampu Depan: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Manual: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Pendingin Minuman: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Pintu Belakang Otomoatis: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Setir: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Speedometer: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Sun Visor with Vantiy Mirror: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Tipe Tertinggi: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Transmisi Automatic: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Nissan X Trail Indonesia 2014 Velg 18 2.5 CVT: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Perbedaan Nissan X Trail Indonesia 2014 Dengan Model Lama: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Roof Rack Nissan X Trail Indonesia 2014: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Roof Rack Nissan X Trail Indonesia 2014: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Wallpaper Nissan X Trail Indonesia 2014: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Dashboard Nissan X Trail Indonesia Terbaru: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Fog Lamp Nissan X Trail Indonesia 2014: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Fog Lamp Nissan X Trail Indonesia 2014: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Gambar Nissan X Trail Indonesia 2014: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Garis Desain Nissan X Trail Indonesia 2014: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 IndonesiaMobil Baru, Harga Nissan X Trail 2014 Indonesia: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 Indonesia
Mobil Baru, Ulasan Review Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X trail Baru Tahun 2014: First Impression Review Nissan X-Trail 2014 Indonesia

Informasi dan Pemesanan Hubungi Marketing Kami :
PT. Wahana Lestari Balikpapan
KUSNIN_NISSAN
0852 5007 1979
0822 2028 7555
0542 - 5657129
Pin BB : 7641DC2C
email    : kusnin79@yahoo.co.id

Kamis, 30 Oktober 2014

Konsumsi Bensin Nissan X-Trail di Indonesia Bisa 16,5 km/liter

By : Susanto Ari P.



Nissan X-Trail 2014 masih menggunakan mesin 2.488 cc 4 silinder bertenaga 171 dk dan torsi 226 Nm yang sama dengan yang digunakan Nissan X-Trail sebelumnya. Termasuk penggunaan transmisi sabuk baja CVT.

Meski demikian tetap dilakukan pengembangan pada transmisi CVT dengan mengubah rasio sabuk baja di awal dan akhir. Dari tadinya 2,349:1 hingga 0,394:1, menjadi 2,631:1 hingga 0,378:1. Untuk final gear direvisi dari 5,798:1 menjadi 5,694:1.

Ubahan ini membuat tarikan awal Nissan X-Trail terasa cukup kuat. Walau tak dapat dihindari tetap terasa jeda lantaran penggunaan sabuk baja. Namun responsnya masih bisa diandalkan.

Begitu Anda mengemudi irit, terasa sekali lambannya Nissan X-Trail merespons injakan pedal gas. Anda mesti sabar saat melepaskan diri dari stop and go.

Final gear lebih kecil membuat mesin dapat bekerja sepelan 1.600 rpm di kecepatan 100 km/jam. Nissan X-Trail menjadi salah satu mobil dengan putaran mesin terhalus saat cruising yang kami coba. Tak heran jika konsumsi BBM tol Nissan X-Trail 2.5 CVT mampu menandingi Mazda CX-5 2.5 yang 15,2 km/l, dipertajam hingga 16,5 km/l.  

Namun transmisi sabuk baja belum bisa menyamai kesigapan transmisi roda gigi. Sebenarnya transmisi CVT X-Trail juga bisa memberikan 6 rasio ketika pedal gas diinjak habis, tapi catatan sprint-nya masih belum sanggup mengalahkan Mazda CX-5.

Berapa tepatnya figur akselerasi Nissan X-Trail termewah ini? Atau bagaimana dengan konsumsi BBM dalam kotanya? Kami mengulasnya lengkap di Auto Bild edisi 301.

Informasi dan Pemesanan Hubungi :
Marketing Nissan Balikpapan
PT. WAHANA LESTARI BALIKPAPAN
KUSNIN
0852 5007 1979
0822 2028 7555
Pin BB : 7641DC2C
email    : kusnin79@yahoo.co.id

Selasa, 28 Oktober 2014

Kesimpulan Nissan X-Trail vs Honda CR-V dan Mazda CX-5

By : Ivan Hermawan, Susanto Ari P



Interior


Suasana kabin keempat kontestan secara keseluruhan memiliki kesan yang sama, yakni mewah dan dinamis. Sedikit beda pada Captiva yang tampil lebih kaku dan tegas. Sisi kemewahan dihadirkan X-Trail dengan balutan warna hitam di seluruh sisi kabin, mulai dari dasbor, jok, dan panel pintu.

Sedangkan kesan dinamis mudah ditangkap ketika kita melihat garis-garis melengkung di panel dasbor dengan sudut yang seimbang untuk pengemudi dan penumpang. Hal serupa juga dilakukan Mazda lewat interior CX-5. Namun dalam format yang tak sedinamis X-Trail lantaran lengkungan yang disematkan CX-5 tidak terlalu frontal. Poin lebihnya, sisi mewah ditampilkan Mazda dengan sepuhan warna black piano di dasbor.

Desain interior CR-V sebagai peserta paling berpengalaman memang tak perlu diragukan. Dengan lekukan yang dinamis membentang di sisi kabin dan berpusat di tengah dasbor membuat tampilan interiornya tampak asyik untuk dilihat. Wajar karena ketika berkendara, bagian ini yang akan Anda lihat terus.

Chevrolet dengan orisinalitasnya lebih mengedepankan fungsionalitas ketimbang desain yang menawan. Dasbor dihadirkan dengan garis yang mendatar dan cenderung kaku, namun efeknya semua panel dapat disematkan tanpa perlu mengganggu fungsinya.

Semua kisi AC diletakkan sejajar. Hal ini untuk menjamin pasokan udara dapat disesuaikan dengan baik. Tak ada nilai mewah berlebihan yang coba dibalutkan Chevrolet. Sedikit sentuhan sporti pada panel speedometer dengan aksen berbentuk tabung bersiku untuk setiap panel indikator. Desain setir terkesan besar akibat aplikasi panel klakson yang lebar.



Eksterior


Tak ada sisa dari tampang X-Trail generasi sebelumnya. Wajahnya kali ini dihiasi lampu yang sipit untuk mengapit format gril yang menunjukkan desain global Nissan. Pun di bagian belakang, lampu yang beberapa generasi sebelumnya diletakkan di pilar berpindah ke bagian pinggul yang seksi untuk mengubah image sebagai city cruiser.

Yup, format city cruiser memang sedang digemari akhir-akhir ini, seperti yang digunakan CR-V dan CX-5. Poin plus kami bubuhkan pada Nissan karena berhasil mengadopsi format ini dengan lebih pas.

CX-5 juga patut diberi poin dengan wajahnya yang menunjukkan orisinalitas Mazda. Gaya desain Kodo membuat tampilan Medium SUV lansiran Mazda ini masih dapat bersaing di tengah gempuran mobil-mobil baru. Apalagi garis-garis lekuk bodi CX-5 menampilkan aura sporti yang sangat dominan. Ini membuat siapapun mudah mengenali identitas CX-5.

Captiva juga baru saja melakukan penyegaran dengan perubahan minor di beberapa panel bodi. Aura maskulin pun kian menyeruak dengan aplikasi susunan gril besar di bagian muka. Tampaknya identitas SUV Amerika yang khas dengan muscle car tetap dijaga oleh Chevrolet. Meski begitu, daya tarik visual Captiva tidak sebesar rival lainnya.

CR-V merupakan peserta pertama yang melakukan perubahan total di tahun 2012. Hasilnya, wajahnya makin humanis, mudah dikenali, dengan tetap menjaga ciri khas CR-V. Bahkan identitas Honda dengan lampu yang pipih nan sipit bisa diadopsi dengan baik dalam format SUV. CR-V masih lebih baik dari Captiva, walau sulit menyamai dominasi wajah X-Trail dan CX-5.



Mesin dan Transmisi


X-Trail memiliki pilihan 2 mesin bensin. Yakni 1.997 cc serupa milik Serena bertenaga 144 dk dan torsi 206 Nm, serta 2.488 cc serupa X-Trail lawas bertenaga 171 dk dan torsi 226 Nm. Untuk transmisi terdapat pilihan manual 5-speed dan CVT untuk 2.0, serta CVT untuk 2.5. Kami belum mencobanya secara mendalam. Tapi impresi yang didapat saat First Drive cukup bagus dan menjanjikan.

Mazda CX-5 juga memiliki pilihan 2 mesin bensin. Versi 1.998 cc mampu menghasilkan tenaga 155 dk dan torsi 200 Nm. Sementara mesin 2.488 cc mampu menciptakan tenaga 187 dk dan torsi 250 Nm. Semua dengan pilihan transmisi otomatis 6-speed dan teknologi SKYACTIV.

Honda CR-V juga memiliki pilihan mesin 1.997 cc dan 2.354 cc. Teknologi i-VTEC membuatnya sanggup melontarkan tenaga 155 dk dan torsi 190 Nm di tipe 2.0. Transmisi manual 6-speed dan otomatis 5-speed meneruskan daya ke roda depan. Mesin 2.354 cc menghasilkan tenaga 190 dk dan torsi 222 Nm, dengan hanya ada transmisi otomatis 5-speed.

Yang menarik dari Captiva jelas ada pada mesin diesel 2.000 cc yang telah mendapatkan upgrade dari model sebelumnya. Torsinya melonjak dari 360 Nm menjadi 400 Nm, dengan tenaga hingga 163 dk. Transmisi 6-speed mestinya membuatnya terasa fun dikendarai. Sayang kami belum bisa mencobanya mendalam.

Mana yang terbaik? Kami belum bisa memastikannya. Tapi imbuhan teknologi SKYACTIV dengan fitur i-Stop pada CX-5 terdengar menjanjikan. Pun dengan transmisi CVT pada X-Trail dan pilihan mesin diesel di Captiva. Memang CR-V sudah memliki teknologi katup variabel performa tinggi i-VTEC, tapi ia harus mengalah karena transmisi otomatisnya hanya 5-speed konvensional.



Fitur


Fitur adalah hal penting untuk menghadirkan sisi premium dalam kendaraan. Nissan memberikan X-Trail banyak fitur-fitur kemewahan. Seperti adopsi head unit terintegrasi dan AC dengan pengatur suhu digital. Active Trace Control memiliki prinsip kerja serupa kontrol traksi.

Kamera parkir dengan bird-view angle menampilkan 360 derajat seluruh sisi kendaraan, hadir mengungguli kompetitornya. Bahkan X-Trail sudah mengadopsi pembuka bagasi elektris. Nissan juga melengkapi X-Trail dalam format 7 penumpang. Sama dengan Captiva. Meski bangku baris ketiga lebih layak untuk anak-anak.

CX-5 memiliki segudang fitur khas mobil premium. Wajar karena mobil ini memang diimpor utuh dari Jepang. Karenanya, fitur seperti LDWS (Lane Departure Warning System), AFS (Adaptive Frontlight System), tire pressure monitor hingga sunroof tetap hadir. Bahkan di sini hanya CX-5 yang memiliki sunroof. Termasuk fitur i-Stop yang akan memati-nyalakan mesin secara otomatis ketika berhenti.

CR-V tak mau ketinggalan. Cruise control sudah menjadi fitur standar di seluruh variannya. Hill Start Assist akan menahan kendaraan tanpa perlu menginjak rem ketika di tanjakan. Tak lupa fitur ECO Mode (Econ) yang akan memberikan setting efisien pada mesin untuk menjaga konsumsi BBM.

Captiva memang 7 seater sejati. Bangku baris ketiganya masih layak ditempati orang dewasa, bahkan lengkap dengan ventilasi AC. Captiva juga satu-satunya yang mengadopsi sistem rem parkir elektrik. Fitur All-Wheel Drive tidak dimiliki kompetitornya. Bersanding dengan Hill Descent Assist, kontrol traksi, dan mode ECO.

Dari segi keselamatan penumpang, Captiva unggul dengan tersedianya airbag untuk seluruh penumpang, termasuk curtain airbag. Sayang, ia kalah dalam fitur hiburan akibat alpanya monitor untuk memutar video.


Pengalaman Berkendara


Walau belum mendalam, kami merasakan bahwa ayunan suspensi XTrail merupakan yang terbaik di sini. Ia terasa empuk saat melindas berbagai kondisi jalan. Sebuah keunggulan yang menjadi trademark Nissan.

Di bawahnya, Captiva terasa lebih baik ketimbang CR-V dan CX-5. Kemampuannya dalam meredam goncangan cukup bisa diandalkan. Nah, di sini CR-V masih lebih empuk dari CX-5. Tak dapat dipungkiri mengingat CX-5 memang sebuah ‘sportscar’ dalam kemasan SUV.

Di lain sisi, pengendalian CX-5 merupakan yang terbaik di sini. Ia teguh dalam menjaga racing line dan terasa mengasyikkan di jalan. Untuk yang ini ia masih sulit ditandingi. Bahkan oleh CR-V sekalipun yang harus puas berada satu tingkat di bawahnya.


Kesimpulan

Wajah segar Nissan X-Trail begitu menggoda. Demikian juga dengan tampilan interiornya. Mewah namun tetap sporty dan dinamis. Tambahan bangku baris ketiga menaikkan segi fungsionalitas. Sementara aplikasi transmisi CVT menjanjikan pengalaman berkendara halus. Pun dengan ayunan suspensi terbaik.

Meski begitu, desain Mazda CX-5 juga begitu menggoda. Meski hanya 5 seater, tapi desain kabin CX-5 tampak solid dan mewah. Sama halnya dengan karakter berkendaranya yang begitu menantang dengan penggunaan teknologi SKYACTIV. Fitur berlimpah merupakan ciri khas Mazda.


Nama Honda CR-V sudah tak asing di telinga. Desainnya juga sudah paripurna, walau kami lihat buritannya terlihat sedikit kebesaran Kesan mewah juga terasa di dalam. Mesin i-VTEC jelas menjanjikan performa tinggi. Sayang transmisi otomatisnya hanya 5-speed dan fitur berbeda tipis dari yang lain.

Chevrolet Captiva datang dengan keunggulan mesin diesel masa kini dengan torsi berlimpah dan konsumsi BBM irit. Sayang kami belum sempat mencobanya. Tampilan luar tidak segalak yang lain, dan interior mewah mengimbangi fitur yang cukup banyak.

Di sini kami melihat akan terjadi pertarungan sengit antara X-Trail dan CX-5 saat head to head kelak. Walau jangan remehkan CR-V yang siap mencuri momen, dan Captiva yang pernah menjadi jawara Medium SUV di Auto Bild Awards 2011.

Informasi dan Pemesanan Hubungi :
KUSNIN_NISSAN
0852 5007 1979
0822 2028 7555
0542 -5657129
Pin BB : 7641DC2C
email    : kusnin79@yahoo.co.id

Sabtu, 18 Oktober 2014

Mencoba Kamera Parkir Nissan X-Trail Terbaru

By : Trybowo Laksono


Postur Nissan X-Trail generasi terakhir kini semakin besar. Terlebih karena SUV Nissan ini diset untuk mampu menampung 7 orang penumpang. Nah, besarnya dimensi ini bagi sebagian orang akan merepotkan saat parkir.

Namun Nissan telah mengantisipasinya dengan menghadirkan kamera parkir istimewa. Melalui around view monitor, pengemudi bisa melihat sekeliling mobil dengan visualisasi dari atas mobil. Kamera itu lalu ditampilkan via layar monitor yang ada di dasbor. Kamera itu pun menyala otomatis saat tuas transmisi dimasukan ke posisi R.

Saat kami uji, gambar yang dihasilkan sangat jelas. Begitu juga dengan tingkat kecerahan sehingga kami mudah mengenail objek yang berada di sekitar mobil.

Mencoba Suspensi Nissan X-Trail Terbaru

By : Trybowo Laksono


Salah satu ciri khas Nissan X-Trail selama ini adalah bantingannya yang  lembut. Terutama dibanding rival sekelas seperti Honda CR-V atau Mazda CX5. Namun dari hasil impresi singkat kami selama media test drive All New Nissan X-Trail Urban Adventure (13-15/10), karakter itu mulai berubah.

X-Trail baru kini terasa sedikit lebih rigid dari sebelumnya. Terasa saat melintas di jalan tak rata dan penuh lubang. Tapi untungnya itu tak sampai menjadi ayunan kasar yang merusak kenyamanan. Jika ditelaah, hal itu menjadi wajar karena X- Trail baru dipersiapkan untuk menanggung beban lebih berat karena ia kini sanggup menampung 7 penumpang. Terlebih jika selain diisi penuh penumpang, ia juga diisi oleh banyak barang.

Keuntungan lainnya, dengan set suspensi yang lebih rigid membuat kedinamisannya bertambah. Tepatnya saat bermanuver di jalan aspal. Alhasil, kami pun lebih yakin menikung kencang dengan set suspensi seperti ini.
Pusat Informasi dan Pemesanan :
KUSNIN_NISSAN
0852 5007 1979
0822 2028 7555
0542 -5657129
Pin BB : 7641DC2C
email : kusnin79@yahoo.co.id

Sabtu, 11 Oktober 2014

Mencoba Nissan X-Trail Termahal di Indonesia

By : Dhany Ekasaputra




Mobil keluarga identik dengan 7-seater. Hal inilah yang ditawarkan Nissan X-trail terbaru yang akan dirilis saat Indonesia International Motor Show 2014 mendatang. Generasi ketiga ini menawarkan baris bangku ketiga sebagai salah satu inovasi baru dari pendahulunya.

Sebagai salah satu persyaratan sebuah mobil keluarga adalah kenyamanan. Dalam hal ini, Nissan mampu menjadi pionir. Bantingan suspensi terasa lembut dengan sasis yang tidak terlalu rigid ketimbang kompetitornya, Honda CR-V dan Mazda CX-5.

Apalagi Nissan telah menyematkan Chassis Control yang meliputi Active Ride Control, Active Engine Brake dan Active Trace Control. Ketiga teknologi ini saling berkolaborasi untuk menciptakan rasa aman dan nyaman saat berkendara.

Active Ride Control memiliki peran untuk mereduksi ayunan berlebih dari sistem suspensi saat melewati jalan bergelombang. Kami pun membuktikannya melintasi jalan tersebut saat di Proving Ground Bridgestone akhir bulan lalu. Bila dibandingkan kompetitornya, ayunan suspensi terasa lebih empuk meski mobil melaju di kecepatan 80 km/jam sekalipun.

Pun begitu saat deselerasi sebelum memasuki tikungan. Efek engine brake terasa hadir meski unit tes kami mengusung transmisi tanpa roda gigi alias CVT. Nah, Active Trace Control hadir untuk menjaga X-Trail terbaru ini di jalurnya saat menikung, meski bila kecepatan terlampau tingi pun gejala understeer tetap terjadi.

Prediksi kami, komputer baru akan bekerja optimal saat salah satu roda terjadi perbedaan putaran. Sebab saat kami menguji di sirkuit Auto Polis, Jepang, bodi X-Trail tetap asyik untuk dapat diajak bergeser mengikuti racing line. Tapi ketika lingkar kemudi kami putar secara spontan, salah satu sisi rem akan bekerja untuk menjaga mobil tetap di jalurnya.

Kembali sebagai sebuah mobil keluarga, unit tes 2.5 CVT telah mengusung headunit monitor sebagai sarana hiburan di interior. Cooler di konsol tengah pun memberi tambahan saat Anda ingin mendinginkan minuman kaleng. Begitu pula dengan lubang AC di belakang konsol tengah untuk penumpang belakang.

Konsep kenyamanan pun tetap berlanjut dengan penerapan transmisi CVT untuk versi matiknya. Tanpa roda gigi membuat akselerasi terasa halus sehingga G-Force pun mampu direduksi. Kami yakin, kemampuan akselerasinya tetap setara dengan rival di kelasnya, meski tetap perlu diuji dengan alat ukur kami.

Tak kalah penting adalah fitur pintu bagasi elektris. Tanpa perlu bersingungan dengan hendel pintu, Anda dapat membukanya secara otomatis ketika kunci kontak berada di dekatnya atau menekan tombol di area dasbor.

Meski X-Trail terbaru menyediakan bangku baris ketiga, tetap saja bangku ini hanya dapat diisi oleh anak lantaran terbatasnya ruang yang tersedia, baik headroom dan legroom. Plus, minusnya saluran AC di bangku baris ketiga ini. tapi saat tak digunakan, ia dapat dilipat rata seperti pada Grand Livina.

Harga menarik akan menjadi kejutan selanjutnya dari Nissan Motor Indonesia saat launching. Tapi prediksi kami, angka Rp 360 jutaan akan menjadi harga untuk entry level X-Trail generasi ketiga ini – 2.0 M/T.
Rival
Honda CR-V Prestige 2.4 L

Mesin: 2.354 cc 4-silinder, 190 dk
0-100 km/jam: 10,3 detik
Harga: Rp 450,5 juta

+ Image Honda, tenaga mesin, pengendalian
- Belum CVT, tidak 7-seater, suspensi agak keras

First Opinion
Perpaduan model me­narik, 7-seater dengan ground clearance tinggi, menjadi daya tarik X-Trail terbaru ini di Indonesia. Apalagi bila NMI mampu meracik harga yang pas agar konsumen Tanah Air kian tergoda.

Sekilas Pandang
- Tersedia 3 tipe : 2.0 M/T, 2.0 CVT dan 2.5 CVT
- Nissan X-Trail terbaru ini tetap diproduksi di Indonesia


 Pusat Informasi dan pemesanan :
 0852 2007 1979
 0822 2028 7555
 0542 -5657129
 Pin BB : 7641DC2C
 email    : kusnin79@yahoo.co.id

Rabu, 08 Oktober 2014

Nissan X-Trail Terbaru Raih Lima Bintang Euro NCAP

By : Mahmudi Restyanto



Nissan All New X-Trail telah diperkenalkan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Baru-baru ini lembaga tes kecelakaan, Euro NCAP menguji SUV ini. Hasilnya, generasi ketiga SUV ini meraih nilai bintang lima atau skor maksimal pengujian.

Hasil yang sama juga pernah diraih crossover Nissan Qashqai. Serangkaian tes tabrakan telah dilakukan pada bagian depan, samping dan atas, hingga X-Trail teruji mampu melindungi penumpang dewasa.
Skor terbaik didapat saat tes tabrak samping. Fitur-fitur keselamatan turut berperan dalam tes ini diantaranya Forward Emergency Braking, Driver Attention Alert, Traffic Sign Recognition, dan Lane Departure Warning. Adapun bagian yang dianggap lemah ialah sisi samping bawah. Sementara paling baik adalah sisi tengah. Selain keselamatan penumpang, All New X-Trail juga mendapat skor tinggi untuk keselamatan pejalan kaki.

Pusat Informasi dan Pemesanan :
KUSNIN_NISSAN
0852 5007 1979
0822 2028 7555
0542 - 5657129
Pin BB : 7641DC2C
email    : kusnin79@yahoo.co.id

Kamis, 02 Oktober 2014

Nissan X-Trail Penyumbang Penjualan Terbesar Nissan di IIMs 2014

By : Dwi Wahyu R.



Nissan X-Trail menjadi produk PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang paling laris di IIMS 2014. Selama 10 hari pameran SUV itu laku sebanyak 557 unit atau sebesar 51% dari total penjualan NMI di IIMS yang mencapai 1.100 unit.

"Kami bersyukur atas hasil memuaskan yang dicatatkan Nissan pada ajang IIMS 2014, karena hal tersebut merupakan cerminan diterimanya produk-produk kami di masyarakat," jelas Presiden Directur NMI Steve Ardianto.

Sejak peluncurannya tanggal 12 September 2014 lalu, Nissan X-Trail terbaru mendapat respons positif dari konsumen. Ini bisa dilihat dari jumlah pemesanan sebanyak 2.000 unit dalam lima hari sejak peluncuran pertamanya. Bila digabung dengan hasil penjualan IIMS, jumlah pemesanan X-Trail kini tercatat sebanyak 3.000 unit.

Pusat Informasi dan Pemesanan :
KUSNIN
0852 5007 1979 / 0822 2028 7555
0542 - 5657129
Pin BB : 7641DC2C
email    : kusnin79@yahoo.co.id